Wednesday, May 10, 2023

Sekilas tentang Konsep Meridian

Dalam Pengobatan tradisional Tionghoa, Meridian (Hanzi: 经络; pinyin: jīngluò) merupakan jaringan jalan chi (energi) yang tersebar di dalam tubuh. Jika darah mempunyai jaringan sirkulasi darah, dan saraf mempunyai jaringan saraf, maka energi juga mempunyai jaringannya sendiri yaitu meridian. 

Meridian adalah jalur qi (chi) dan aliran darah ke seluruh tubuh. Qi mengalir terus menerus dari satu meridian ke meridian lainnya. Setiap sumbatan dalam aliran merupakan indikasi ketidakseimbangan. Jika vitalitas atau energi seseorang berkurang, ini merupakan indikasi bahwa organ atau jaringan tubuh tidak berfungsi dengan baik, sehingga aliran qi tidak memadai.

Berasal dari Pengobatan Cina, sistem penyembuhan meridian didasarkan pada konsep bahwa suplai qi yang tidak mencukupi membuat seseorang rentan terhadap penyakit.

Mengembalikan qi ke aliran optimalnya adalah tujuan akhir dalam memulihkan kesehatan dan kesejahteraan individu secara keseluruhan.


Ada 12 meridian organ yang menghubungkan organ tubuh kita dan 8 meridian istimewa.

Meridian Paru 

Meridian Usus Besar

Meridian Lambung 

Meridian Limpa

Meridian Jantung 

Meridian Usus Kecil

Meridian Kandung Kemih

Meridian Ginjal 

Meridian Selaput Jantung 

Meridian Tri Pemanas 

Meridian Empedu 

Meridian Hati 


8 meridian istimewa

  1. Meridian Conception (CV/Ren)
  2. Meridian Governing (GV/Du)
  3. Meridian penetrating (Chong)
  4. Meridian girdling (Tay)
  5. Meridian Yang motiliy/ Yang qiao
  6. Meridian Yin motility/ Yin qiao
  7. Meridian Yang linking/ Yang wei
  8. Meridian Yin linking/ Yin wei

Dari 8 Meridian istimewa ada 2 yaitu meridian ren dan du yang dilatih di zhen qi

[Meridian Ren] Dari titik Chengjiang di bawah bibir, di sepanjang bagian tengah depan tubuh, hingga titik perineum di antara kaki tepat di bawah tubuh, meridian ini adalah Meridian Ren. meridian Ren mengelola enam meridian yin, berjalan di tengah perut, dan memiliki fungsi mengendalikan dan mengatur qi meridian yin seluruh tubuh.

[Meridian DU] dimulai dari titik Huiyin, mundur sepanjang tulang belakang, mencapai titik Baihui di atas kepala, dan kemudian melewati antara mata untuk mencapai titik Gingjiao di langit-langit mulut. meridian du bertanggung jawab atas enam meridian yang , dan memiliki fungsi untuk memerintah dan mengawasi meridian  yang dari seluruh tubuh .



 



No comments:

Post a Comment